Teknologi dalam Pembelajaran: Peluang dan Tantangan di Era Digital

Teknologi dalam Pembelajaran: Peluang dan Tantangan di Era Digital

Teknologi dalam Pembelajaran: Peluang dan Tantangan di Era Digital

Teknologi telah membawa perubahan besar dalam pendidikan dan pembelajaran, membuka pintu bagi siswa yang sebelumnya terbatas oleh geografis, jarak, atau keterbatasan fisik1. Dalam era digital, teknologi telah membuka pintu bagi siswa yang sebelumnya terbatas oleh geografis, jarak, atau keterbatasan fisik2. Dengan adanya internet, siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, dan mereka dapat berinteraksi dengan konten pembelajaran dengan cara yang lebih interaktif3.

Peningkatan Pengalaman Belajar Interaktif

Kemajuan teknologi telah mendorong terciptanya pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif dan personal4. Melalui penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, dan tablet, siswa sekarang dapat mengakses sumber belajar yang beragam dan inovatif. Buku teks digital, media pembelajaran interaktif, dan simulator virtual adalah beberapa contoh penggunaan teknologi yang telah mengubah cara siswa memahami materi pelajaran5.

Aksesibilitas yang Lebih Luas

Dalam era digital, aksesibilitas pendidikan telah meningkat secara signifikan6. Teknologi telah membuka pintu bagi siswa yang sebelumnya terbatas oleh geografis, jarak, atau keterbatasan fisik7. Dengan adanya internet, siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja8.

Mengoptimalkan Kolaborasi Guru-Siswa

Teknologi telah memperkaya cara kita berkolaborasi, yang sangat penting dalam dunia pendidikan9. Dalam dunia pendidikan, kolaborasi antara guru dan siswa sangat penting10. Teknologi telah memperkaya cara kita berkolaborasi, yang sangat penting dalam dunia pendidikan11.

Tantangan dan Peluang di Era Digital

Teknologi digital memiliki potensi untuk meningkatkan aksesibilitas, personalisasi, dan kualitas pendidikan12. Tetapi, juga memiliki tantangan seperti kesenjangan digital dan kebutuhan pelatihan guru agar setiap siswa dapat memanfaatkan manfaat era digital13. Siswa perlu dibekali dengan kemampuan literasi digital untuk dapat memilah dan menyaring informasi yang mereka terima, dan kesenjangan digital bagi siswa seperti disparitas dalam akses ke teknologi digital14.

Siswa yang tinggal di daerah terpencil atau yang berasal dari keluarga miskin mungkin tidak memiliki akses yang sama ke teknologi digital15. Siswa perlu dibimbing untuk menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab16. Untuk mencapai hasil pendidikan di era digital tentunya harus mendapat dukungan dari para pendidik17.

Contohnya, dosen, guru, dan pendidik di era 4, yang memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi secara efektif dan efisien, dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran lebih baik18. Guru juga harus beradaptasi dan mampu beradaptasi dengan segala perubahan dalam membimbing siswanya19.

Kesimpulan

Teknologi dalam pembelajaran dalam era digital membawa peluang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran20. Tetapi, juga memiliki tantangan yang harus dihadapi, seperti kesenjangan digital dan kebutuhan pelatihan guru21. Dengan persiapan yang tepat dan pengembangan profesional yang sesuai untuk para pendidik, teknologi dapat membuka potensi penuh untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia22.

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Whatsapp
Share on Pinterest
Abdul Halim Rais

Abdul Halim Rais

Leave a comment

Subscribe
untuk berlangganan artikel terbaru

Copyright (2023) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas © All rights reserved.​​